BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 23 Juli 2010

Curcuma zedoaria (Berg.) Roscoe.

KLASIFIKASI :

Temu putih disebut Curcuma zedoaria (Berg) Roscoe, termasuk famili Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah temu putih. Nama asingnya zedoary, sedangkan nama obat patennya Leilipien dan Pao Kwo Tan

SIFAT KIMIAWI :

Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain :

Rimpang : cineole, camphane, zingiberene, borneol, camphor, curcumin dan resin serta curcuminoid dan curdione yang berkhasiat anti kanker.

EFEK FARMAKOLOGIS :

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat : anti inflamasi, hemostatik, melancarkan sirkulasi darah, fibrinolitik (menghancurkan bekuan darah ), anti neoplastik.

UJI KLINIK/PRA KLINIK

  • Uji pra klinik efek sitotoksisitas ekstrak temu putih ini terhadap sel kanker ovarian menghasilkan CD50 sebesar 3,1 – 3,4 mikrogram/ml, Syu WJ et al (1998). Pengamatan imun dalam pengujian menunjukkan adanya peningkatan fibroblas di sekitar jaringan tumor, meningkatnya infiltrasi limfosit ke dalam masa tumor dan meningkatnya proses fagositosis terhadap sel tumor. (P.6)
  • Uji klinik pemakaian ekstrak temu putih terhadap 165 kasus penderita kanker serviks didapatkan hasil 52 kasus achieved of short term cure, 25 kasus market effects, 41 kasus improvement dan 47 kasus unresponsiveness Chang et al (1986) (P.6)
  • Uji pra klinis Temu putih sebagai anti inflamasi dan hepatoprotektor. Pemberian peroral pada tikus menghambat reaksi inflamasi yang terjadi karena kemampuannya menghambat aktivitas enzim siklooksigenase Yoshioka T et al (1998), Ekstrak temu putih menurunkan SGPT pada mencit yang diinduksi dengan karbon tetraklorida Xiang ZX et al, (1989). Penelitian kultur hepatosit tikus yang diinduksi dengan D-galaktosamin/lipopoli sakarida menunjukkan bahwa penambahan ekstrak temu putih dalam kultur dapat mencegah terjadinya kerusakan sel hepatosit, Matsuda et al, (1998) (P.6)

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, Temuputih dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Kanker mulut rahim (kanker serviks) dan vulva

2. Kista Rahim

3. Nyeri sewakyu haid dan tidak dapat haid.

4. Tumor Rahim

5. Pelega perut

6. Habis melahirkan

Di kutip dari Rumah Sehat Ahad

0 komentar: